Desain dan Struktur Database

Entitas

Entitas (Entity) adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Abstraksi, misalnya, biasanya dianggap juga sebagai suatu entitas. Dalam pengembangan sistem, entitas digunakan sebagai model yang menggambarkan komunikasi dan pemrosesan internal seperti misalnya membedakan dokumen dengan pemrosesan pesanan.

Dalam kaitannya dengan database Entitas (entity) adalah sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain. Entitas dapat berupa Orang (ex: MAHASISWA, DOSEN, PEMASOK, PENJUAL) , Benda (ex: MOBIL, MESIN, RUANGAN), Tempat (ex: NEGARA, DESA, KAMPUNG), Kejadian (ex: PENJUALAN, REGISTRASI), Konsep (REKENING, KURSUS). Sebuah entitas memiliki sejumlah atribut, misalnya: mahasiswa memiliki nama dan alamat. Himpunan entitas adalah sekumpulan entitas yang berbagi atribut yang sama, misalnya: sekumpulan mahasiswa, dosen, atau perusahaan. 

Record/Tuple

Record/Tuple adalah kumpulan elemen – elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap, dan satu tuple (record) mewakili satu data atau informasi. Contoh : record entry mahasiswa adalah kumpulan data field nama, jurusan, dan alamat. Dalam tabel record disebut juga baris.

Field/Atribut

Entitas mempunyai elemen yang disebut atribut, dan berfungsi mendeskripsikan karakter dari entitas. Atribut adalah properti atau karakteristik yang dimiliki oleh suatu entitas dimana properti atau karakteristik itu bermakna atau berarti bagi organisasi atau perusahaan, misalnya untuk pencatatan data pegawai di suatu instansi, entitas pegawai mungkin memiliki atribut-atribut nomor induk pegawai, nama, alamat, nomor telepon, gaji pokok dan lainnya. Setiap diagram hubungan entitas bisa terdapat lebih dari satu atribut. Atribut digambarkan dalam bentuk elips. Entitas memiliki himpunan atribut yang berasosiasi dengannya. Contohnya, pada relasi PEGAWAI mempunyai lima kolom untuk atribut-atribut NIP, Nama, Alamat, Gaji dan KodeDiv.

Elemen Dalam Struktur Entitas

Diagram Hubungan Antara Entitas adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam sistem secara abstrak. ERD merupakan model jaringan data yang menekankan pada struktur–struktur dan relationship data.
Elemen-eleman dari Diagram Hubungan Entitas antara lain/.
Kunci (Key) merupakan suatu atribut yang unik yang dapat digunakan untuk membedakan suatu entitas dengan entitas yang lainnya dalam suatu himpunan entitas. Macam kunci (key) yaitu :
·         Primary Key (Kunci Primer)
Adalah satu atribut atau satu set minimal atribut yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian spesifik, tapi juga dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entity.
·         Foreign Key (Kunci Tamu)
Merupakan sembarang atribut yang menunjuk kepada Primary Key pada tabel yang lain. Foreign Key terjadi pada suatu relasi yang memiliki Cardinality one to many atau many to many.

Relasi

Relasi menunjukkan adanya hubungan di antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Contohnya Mahasiswa dengan Matakuliah.

Jenis Relasi Antar Entitas

Relasi antar Entitas bisa disebut juga Kardinalitas Relasi yang menunjukkan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain.
Ada empat jenis Kardinalitas/Derajat Relasi, yaitu :
  • Satu ke satu (One to One)
Suatu entitas di dalam himpunan entitas A dihubungkan dengan paling banyak satu entitas di dalam himpunan entitas B, dan entitas di dalam himpunan entitas B dihubungkan dengan paling banyak satu entitas dalam himpunan entitas A.
  • Satu ke banyak (One to Many)
Suatu entitas di dalam himpunan entitas A dihubungkan dengan lebih dari satu entitas di dalam himpunan entitas B, dan entitas di dalam himpunan entitas B hanya dapat dihubungkan dengan paling banyak satu entitas dalam himpunan entitas A.
  • Banyak ke satu (Many to One)
Suatu entitas di dalam himpunan entitas A dihubungkan dengan paling banyak satu entitas di dalam himpunan entitas B, dan entitas di dalam himpunan entitas B dapat dihubungkan dengan lebih dari satu entitas dalam himpunan entitas A.
  • Banyak ke banyak (Many to Many)
Suatu entitas di dalam himpunan entitas A dapat dihubungkan dengan lebih dari satu entitas di dalam himpunan entitas B, dan entitas di dalam himpunan entitas B dapat dihubungkan dengan lebih dari satu entitas dalam himpunan entitas A.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s